Kamis, 29 Desember 2011

ALUN-ALUN KOTA MALANG

Alun-alun bundar merupakan sebuah alun-alun atau tanah lapang di kota Malang yang di bagian tengahnya terdapat sebuah tugu dikelilingi kolam air bundar dengan tanaman teratai. Alun-alun ini terletak di depan gedung balai kota. Alun-alun adalah pusat keramaian di kota Malang. Dahulu merupakan representasi dari sistem tatakota macapat peninggalan para wali sembilan yaitu sebuah tanah lapang milik kota yang di kelilingi oleh penjara (sekarang ramayana), pusat pemerintahan (kantor kabupaten), pasar / bisnis, dan ibadah (Masjid dan Gereja).
Penataan alun-alun bisa dikatakan mempunyai konsep yang hampir sama. Air mancur adalah bagian yang utama yang tidak bisa dihilangkan dari bagian alun-alun, disamping penataan taman dan fasilitas lainnya sebagai penunjang. Di Kota Malang memiliki dua alun-alun yaitu alun-alun jami’ (terletak didepan Masjid jami’ Malang) dan Alun-alun bunder yang berada di depan balai Kota Malang. Tetapi umumnya yang menjadi persinggahan wisata adalah alun-alun Jami’ meskipun tidak sedikit juga yang berkunjung ke alun-alun Bunder. Bersama keluarga atau rombongan pengunjung dari luar kota memanfaatkan alun-alun sebagai tempat persinggahan sekaligus melepas rasa penat setelah seharian berkeliling ke tempat wisata.
Sebagai Jantung Kota Malang yang berupa taman cantik dengan pohon beringin di salah satu sudutnya, tempat ini menjadi tempat favorit warga Malang untuk bersantai, apalagi di siang hari. Dengan kursi-kursi taman yang tertata rapi, air mancur dan puluhan burung merpati yang beterbangan, menjadikan Alun-alun ini terasa di luar negeri. Mengalami renovasi besar-besaran di awal tahun 2006, Alun-alun kini di lengkapi dengan fasilitas hotspot milik Telkom, agar para pengunjung dapat berinternet sambil menikmati suasana taman. Sesekali dapat ditemui para penjaja makanan dan minuman ringan yang menawarkan dagangannya, namun mereka tidak dapat dengan bebas berjualan, karena sebenarnya pemerintah kota meng-ilegalkan penjual kaki lima berdagang di kawasan ini. 100 meter dari Alun-Alun, terdapat beberapa pusat perbelanjaan bagi keluarga, antara lain Ramayana, Sarinah, Mitra I dan Malang Plaza.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar